Kartun Dakwah 5 jilid 3



1. Hak Muslim
Hak Muslim terhadap Muslim ada lima;  Menjawab salam, Menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendatangi undangan, dan mendoakan orang yang bersin.
[Hadits Riwayat. Khamsah]
 
2. Hari Kiamat
Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. (QS. 101: 1-5)
 

3. Islam itu Sama
Orang-Orang ISLAM itu sama; orang yang paling rendah di antara mereka berupaya mendapatkan jaminan mereka, dan mereka bersatu menghadapi selain mereka. [hadits riwayat Ahmad dan Nasa’i]
 
4. Jangan Lemah dan Sedih
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, kamu adalah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, kalau sekiranya kamu benar-benar beriman. [al-Qur’an surat Ali Imran ayat 139]
 
5. Janin
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (QS. Al-Mu’minun: 12-14)
 
6. Larangan Memperolok
Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
(al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11)
 
7. Lebah Madu
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia",
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.
(al-Qur’an surat An-Nahl ayat 68-69)
 
8. Marah Diamlah
Sosialisasikanlah ilmu dan tebarkanlah gembira. Jika engkau marah maka diamlah, Jika engkau marah maka diamlah, Jika engkau marah maka diamlah,
(HR. AHMAD)
9. Merah Mawar
Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
[al-Qur’an surat ar-Rahman ayat 37-38]
 
10. Merasakan Mati
Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (al-Qur’an surat Al-’Ankabut ayat 57)
 

0komentar: