Dakwah Politik

1. Kita sebagai muslim seharusnya melek politik. Dimana politik Islam disebut 'siyaasah' yang artinya penjagaan.

2. Siyaasi (politikus) memberikan perhatian dan​penjagaan kepada urusan umat dan mencarikan solusi berdasarkan AlQuran​dan Hadits.

3. Hasan Albana mengumandangkan Ikhwanul Muslimin sbagai gerakan dakwah Islam yang menyerukan kepada pemahaman Islam yang komprehensif.

4. Islam harus menyentuh semua lini kehidupan seperti, ekonomi, politik, pendidikan, militer, dan lainnya agar dapat dirasakan oleh umat.

5. Islam sbagai dien yang lurus tidak memisahkan agama dan politik, sebab Islam pun mencangkup mengenai politik.

6. Karakter politik Islam merupakan yang mempunyai misi perwujudan keselamatan hidup manusia baik di dunia maupun akhirat.

7. Politik yang menyatakan bahwa tiada kebaikan agama dalam politik ataupun sebaliknya.​Itu adalah politik dalam konsep barat.

8. Maka dari itu, Hasan Albana mengingatkan umat akan bahaya itu agar tidak menggorogoti pola pikir pejabat pemerintahan.

9. Jika kita menggunakan politik dalam konsep barat (sekuler, plural, liberal), maka kehancuranlah yang akan dinantikan.

10. Sementara Islam dengan politiknya, membawa misi dunia dan akhirat. Politik yang melindungi semua hak umat.

11. Keislaman seorang muslim belum sempurna, hingga ia memahami politik, mendalami persoalan umat Islam serta peduli terhadap masalah umat.

12. Maka dari itu dengan politik Islam, kita bisa hidup tenang, damai, aman,​dan tentram, serta terlindunginya nyawa, harta dan kehormatan.


Sumber: @azis_sky

0komentar: